Surat Cinta untuk FRESH GRADUATE


Dear My Love,
HAHAHA....
Biar sejalan sama judulnya surat cinta....

Kali ini aku akan berbagi cerita dan tips buat para fresh graduate,, just keep on reading :D
Fresh graduate itu imagenya polos di mata perusahaan, ilmu ada tapi praktik masih minim. Tak jarang juga mudah ditawar murah (gaji). KENAPA? karena kalian ga ada pengalaman. Tapi aku tidak setuju dengan ini, pastikan kalian sudah cukup memahami sedikit dunia kerja saat kalian magang dan ga jadi secupu itu di mata perusahaan. Aku akan berbagi sedikit tips pengalaman pribadi saat mencari kerja dan mengikuti proses recruitment buat kalian para cintaku.
  1. Persiapkan semua berkas lamaran,ini penting banget harus kalian pastikan semua ready dan sudah diperbanyak ya baik hardcopy maupun softcopy karena ada perusahaan yang ingin dikirimkan melalui email dan ada juga yang mau lewat pos. Kita mah ikutin aja mereka maunya apa yaa.
  2. Mencari informasi lowongan sebanyak mungkin, bisa melalui mengikuti job fair, situs lowongan kerja, situs web perusahaan yang kamu inginkan, dan link senior yang sudah bekerja di perusahaan itu. Jangan sampai ketinggalan berita lowongan pekerjaan. Stay tune terus!
  3. Rajin cek email, ini penting karena perusahaan suka menghubungi lewat email yang kita cantumkan lewat CV jadi jangan sampai kamu tidak buka email dan ketinggalan berita.
  4. Melamar sesuai dengan kualifikasi, supaya kamu tidak buang-buang waktu. Kalo emang posisimu sedang tidak dibutuhkan disana jangan dipaksakan, next aja. 
Setelah kamu menerima email melanjutkan proses recruitment setelah proses administrasi, maka kamu perlu:
  1. Belajar, siapkan diri kalian sematang mungkin ini membuktikan keseriusan kalian untuk mendapatkan pekerjaan itu. Tahap awal biasanya masih psikotest dan TPA. Belajarlah lewat buku-buku TPA sesering mungkin. Diluar sana saingan sangat banyak dan kamu harus jadi yang paling bersinar untuk terlihat dan terpilih. Kalo sudah dalam proses wawancara kamu harus pelajari betul perusahaan yang kamu tuju perusahaan seperti apa dan jobdesk kamu nanti ngapain aja. Kurang lebih kayak PDKT sama gebetan lah ya.
  2. Berpakaian rapi dan cool. ga usah berlebihan cukup rapi, harum dan stay cool.
  3. Berdoa dan tenanglah selama mengikuti setiap proses recruitment, yakin dan percaya kalo kamu sudah mengupayakan yang terbaik rejeki ga bakal kemana yaa ..
Saat di tahap akhir sebelum kalian memutuskan untuk menerima suatu pekerjaan kalian harus benar benar mendoakan dan yakin kalian sudah memilih yang tepat dan terbaik. Jika kalian gagal itu berarti belum rejeki pasti ada yang lebih baik. Okay cintaku :)

Comments

Popular Posts