Job Seekers Kamu Harus Baca Ini !




Dear saudara setanah air Indonesia,

Hi, apa kabar?
Kembali menyapa setelah beberapa tahun melewatkan waktu untuk kembali menulis disini.
Kali ini aku akan bercerita tentang perjalanan pekerjaan setelah menyelesaikan perkuliahan. Masa perkuliahan akan sedikit aku ceritakan.

Perkuliahan ku berlangsung kurang dari 4 tahun kemudian aku memutuskan untuk stay di kota tempatku berkuliah. Kenapa? Alasanku karena kalau pulang ke kampung halaman yang ada rasa nyaman di rumah, kemudian omongan tetangga "kok belum kerja? lalalalala" aku menghindari pertanyaan itu dan aku mengIMANi aku akan kerja sebelum natalan tiba. Aku wisuda dibulan Agustus maka ada waktu maksimal 4 bulan untukku mencari kerja lebih dari itu aku yakin sekali aku akan disuruh pulang kerumah. Alasannya pengangguran itu menghabiskan uang tiap harinya tanpa bekerja. Buat kalian para job seeker yang sedang membaca tulisan ini, I FEEL YOU! Setiap bangun pagi aku bertanya dalam hati ada email masuk ga ya? aku ngapain ya hari ini, cari kerjaan di situs online lagi yaa, kapan ya aku kerja, aku sudah mulai jenuh, dan mulai stres. Masa sulit ini mengajarkan ku kalo Tuhan menempatkan ku di posisi ini saat ini berarti ada proses pembelajaran yang harus aku lewati agar nanti ketika aku mendapat pekerjaan aku sangat menghargai pekerjaan itu. (sambil menulis ini aku sambil tertampar sendiri :''' )

Puji Tuhan, doa ku terjawab tepat bulan November aku mulai bekerja di suatu perusahaan jasa kesehatan swasta.Sedikit tips ku untuk kalian job seekers yang sedang bergumul tentang pekerjaan :
  • Jangan asal memasukkan lowongan pekerjaan, oke aku tahu kamu ingin segera dapat panggilan kerja tapi seriuslah asal menebar lamaran menunjukkan kamu sedang tak serius menginginkan karir impianmu. Sebelum lulus atau pas magang cobalah untuk magang di perusahaan yang kamu incar jadi setelah lulus kamu bisa segera melamar kesana. Mengincar pekerjaan aku sarankan jauh sebelum kamu lulus jauh lebih baik, supaya kamu tidak menganggur lama dan langsung terarah setelah lulus. Lalu kalo kamu asal menebar lamaran, pengalaman ku juga aku di panggil interview tapi aku tidak tahu pekerjaan apa yang aku lamar, sedih aku tuh.
  • Jangan asal menerima pekerjaan, dulu rasanya tuh yaudahlah kerja apa aja yang halal ku jabanin yang penting ga nganggur dan punya penghasilan sendiri. TAPI INI SALAH! Untungnya idealisme ku cukup tinggi. Aku tidak terjerumus dalam pekerjaan yang bukan diriku, yang membuat hari-hari kerjaku berat tiap hari hanya menunggu hari sabtu dan minggu. Hal ini penting karena kalo kamu asal menerima pekerjaan yang penting kerja, kamu akan menyesal didalamnya kelak. Pastikan job deskripsi pekerjaan, kemudian manajemen di kantor yang kamu tuju bener-bener baik. Pekerjaan bukanlah hal sepele jadi jangan coba-coba kalo kau tak cocok.
  • Sambil mencari kerja sambil pelatihan, why? biar waktu ngangurmu berfaedah ya nak, tidak terbuang sia-sia kayak kulit pisang.Pelatihan apapun itu yang meng-upgrade dirimu plus menambah isi CV mu. Aku saranin minimal kursus bahasa ingris, program pengolah data dll.
  • Perbanyak link, ini bukan untuk jalur pintu belakang ya! Link penting supaya kamu dapat info atau dapat rekomendasi untuk melamar pekerjaan.
  • Banyak berdoa, supaya kau tidak tenggelam dalam pikiran mu yang stress itu
Setelah mendapat pekerjaan siapkan dirimu dengan dunia pekerjaan yang TIDAK seindah dunia perkuliahan meski kau sering lembur bersyukurlah lembur mu waktu kuliah masih jauh lebih indah daripada bekerja. HAHA..  aku akan lanjutkan cerita dunia kerja next post ya.. ;)

Comments

Popular Posts