Kenapa milih Kesehatan Masyarakat dan Masuk Jurusan Epidemiologi


Ini hanya sepenggal cerita pengalaman saya,

Pertama kali memilih jurusan untuk SNMPTN 2012, bingung mau masuk kemana niat hati ingin masuk kedokteran namun apalah daya sikon tak memungkinkan,, 
Lupa dapat pencerahan darimana sampai akhirnya menjatuhkan pilihan pada kesehatan masyarakat.
Tidak tahu apa itu FKM sebenarnya, belajar apa trus bakalan kerja dimana.
Cuma tahunya, mungkin mirip mirip FK kali ya, MUNGKIN!


Dan tibalah pengumuman SNMPTN, dan diterimalah di FKM UNDIP Semarang (ini tidak untuk promosi ya) jujur dulu waktu keterima bingung mau senang atau sedih malah lupa kalo tetep harus bersyukur, karena sesungguhnya ini pilihan kedua setelah FKM UI. Setelah pergumulan cukup menyita pikiran, akhirnya memilih untuk melanjutkan pilihan ini dan merantaulah ke pulau seberang!

Bagi kalian yang sedang ingin memilih jurusan maupun sedang menjalani jurusan khususnya FKM, you are not in a wrong way.. mungkin kau tersesat dari pilihan sebelumnya (FK) but I am surely say kamu tersesat di jalan yang benar. (I know all of you need someone to say this for you, right?) 

Masuklah ke FKM UNDIP ini, mulailah berjibaku dengan dunia kampus dan pelajaran ala kuliah di kampus ungu. FKM ini mempelajari semua mata pelajaran dominan biologi, patologi penyakit, pencegahan, penanggulangan dan pengabdian masyarakat. Secara namanya kesmas kan?

Respon pertama disaat temen jurusan lain mulai ada yg ngerasa gak cocok sama jurusannya, aku merasa aman dan nyaman aja ya di FKM, cocok aja gitu belajar itu semua dan mulai tertarik belajar banyak tentang penyakit, dan mulai suka pengabdian masyarakat. Waktu itu berharapnya semoga ini bukan awalnya aja ngerasa enak semoga seterusnya..

Sampailah pada masa peminatan, galau lagi antara kesling dan epid. Sebagian besar teman memilih yang disuka dan banyak money nya. Kebetulan nilai mencukupi masuk semua jurusan,, haha (agak sombong) justru ini bikin galau juga..
Dulu waktu bergumul mendoakan peminatan (jurusan) 1 bulanan juga . sampai akhirnya mendapatkan jawaban doa lewat iklan tv, statementnya gini " Bukan mau jadi apa kamu kelak, tapi mau BERBUAT apa kamu kelak" 
Akhirnya mulai memikirnya visi hidup alias apa yang mau aku kerjakan nanti lewat peminatanku setelah aku lulus. Kurang lebih aku ingin membantu masyarakat indonesia tidak sampai jatuh sakit lagi karena kurang adanya pencegahan sebelumnya.. intinya EPID lah yg jadi pilihan,, akhirnya kelar juga ya pergumulan peminatan.. haha

Epidemiolodi adalah jurusan yg diseremin ntahlah kata orang sih gitu, tapi akhirnya aku memutuskan,, kalo ini kata Tuhan enjoy ajalah ya, keep running gas gas.. haha
Masuk peminatan, kawan baru, lumayan muka-muka serius gitu, pinter pinter coy,, maaf agak lebay ya,, tapi emang gitu sih.
Kkalo aku sejujurnya karena kebiasaan kelas sebelumnya sanser, santai tapi serius,, jadi bawaannya ya tetep gitu.. ga terlalu ambil pusing yang aktif abis dikelas, kita mah kalem (wkwkwk)

Pengalaman pribadi masuk epid, ENAK loh, ga pake boong, dosennya kece, pinter, meski agak sibuk. so far ngerasa COCOK lagi sama peminatan ini dan emang hasilnya sejalan dengan IP terbaik di 2 semester peminatan.. TOP lah.. ini bukan promosi skali lagi
Belajar apa aja? EPID lebih mendalami kejadian penyakit, identifikasi penyebab, investigasi di lapangan, "PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI" intinya itu sih, praktek lapangan trus nge lab ,, so exciting lah aku. apalagi KKL nya.. haha
EPID itu ilmu dan seni kalo definisi asli nya , jadi ga mentok di ilmu tapi perlu seni juga keren ga tuh.. haha
Kesannya di EPID, ga salah pilihlah... Tapi balik lagi buat kalian yang baca tulisan aku ini, aku tidak sedang mempersuasi kalian untuk masuk Epid ya, tetep kalian merasa panggilan dan misi hidup kalian dimana itulah pilihan kalian.. okay?!

Mulailah tahap skripsi.. aduhmak,, dosbing pun ga kupikirkan dan gak ku doakan ,, haha
tetep posthink sih kalo Tuhan bakalan pilihkan dosbing terbaik untuk memproses ku di skripsi ini.. 

Skripsi adalah tugas akhir sebenarnya gak berat, yang berat itu mentalnya kalo ngeliat yang lain kok enak bisa cepet, ngeliat yang lain udah pada sempro terus sidang, mentalnya harus dikuatin.
Jadi yang pertama itu kita harus tahu kalo setiap orang punya proses berbeda beda dalam menjalanin skripsi bukan berarti jadi malas2an karena lo pikir proses lo emang lama,, gak gitu juga please!

Tetap kerjain maksimal soal kapan waktu selesainya itu bagiannya Tuhan..

Puji Tuhan selesailah skripsi ku,, dan tanpa sadar dan ga kepikiran kalo bakal jadi yang pertama sidang di peminatan Epid. How great is our God lah.. 


okay sekian, ntar sambung lagi yah untuk duker alias dunia kerja haha


Comments

  1. Mana sambungannya kak?penasaran banget dunia kerja setelah lulus jurusan epid ini hehe

    ReplyDelete
  2. kaka sekarang kerjanya dimana? ataukah melanjutkan studi s2 nya? yuk yuk cerita yang panjang lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts