Perjalanan Skripsweet

 
Dear Pejuang Skripsi, 
di Kamar Kosan 

Hi, jangan menyerah yaa..
Aku ingin menyemangatimu dengan sedikit pengalaman ku menaklukan skripsi.

Perjalananku memulai mengerjakan skripsi berawal dari Januari 2016,
Sebelum memulai mengerjakan skripsi, coba mindset nya dirubah dulu. Kalo kamu masih paranoid sama skripsi buang jauh-jauh. Skripsi bukanlah hal yang harus ditakuti, yakin dan percayalah kau dapat melaluinya.
Menentukan judul skripsi adalah langkah pertama yang harus dilewati dengan baik, pastikan kamu benar-benar menyukai dan menguasai apa yang ingin kamu teliti ataupun bahas dalam skripsimu. Kenapa harus menyukai? Karena kalo kamu sudah cinta kau akan terus berjuang untuknya. Jangan diduakan juga dengan yang lain karena kau akan sulit untuk kembali setelah menduakannya. Contohnya, kalo kamu skripsian sambil ngurusin hal lain seperti mengurus bisnis yang ingin kamu rintis ini akan berat, pasti akan ada yang terbengkalai. Waktu itu aku ganti judul skripsi berkali-kali karena ditolak haha.. Buat kalian yang masih berjuang untuk acc judul "JANGAN MENYERAH" renungkan apa yang sangat ingin kamu teliti dan cari referensi dari skripsi yang sudah ada di perpustakaan. Ini baru awal kamu harus kuat.

Sampai akhirnya aku mendapat 1 topik yang di acc dosbing yaitu tentang aktivitas fisik. Alasanku mengambil judul skripsi ini karena aku prihatin dan penasaran mengapa saat ini penyakit degeneratif sudah banyak menyerang anak muda. Penyakit degeneratif juga menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Waktu itu dosbing menyarankan ku untuk membuat group payungan/ kelompok dengan 2 teman ku yang lain untuk sama-sama membuat skripsi yang membahas penyakit degeneratif. Awalnya aku berpikir ini akan menyulitkan ku, aku tidak bisa jalan sendiri dan harus bergantung dengan orang lain. Tapi aku salah besar, justru dengan kehadiran 2 teman ku ini, aku sangat terbantu. Mereka seperti perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong skripsi ku :''). Tuhan selalu punya cara untuk menolong anak-Nya yang kesulitan, kalo kalian merasa kok sulit banget ya skripsi ku, dosbing ku, dll coba minta sama Tuhan, Dia pasti tolong kamu.

Proses skripsi ku pun dimulai, setelah mengajukan judul dan latar belakang mulai mengerjakan BAB I-BAB III, sampai akhirnya seminar proposal bulan APRIL. Akhirnya aku terjun kelapangan untuk menjemput para responden ku. Yang tadinya bingung mereka mau ga ya melakukan yang jadi uji penelitian ku eh ternyata mau juga.. aku terharu.. mengumpulkan 100 orang responden tidaklah mudah setiap hari dari pagi hingga sore hari aku dan kedua teman ku berjibaku untuk ini. Banyak responden yang mencibir (responden ku mahasiswa) ngapain nyari sampel banyak-banyak cukup 30 aja sisanya manipulasi aja pasti hasilnya kurang lebih kayak 30 sampel itu. Aku sedih dengernya, udah di kuliahin susah-susah eh mau lulusnya dengan cara bohong. Bagiku cara seperti itu tidak akan membuat wisudamu berkah. Jangan pernah berpikir untuk berbuat curang seperti itu ya. Kalo semua bisa kami lalui, Kalo kami bisa kamu pun pasti bisa !!

Langkah sudah tidak jauh, kalau kalian juga sedang dalam tahap ini jangan terlelap setelah menyelesaikan penelitian. Segeralah berlari olah hasil penelitian mu dan tuntaskan skripsi mu sampai ke akar-akarnya haha.. Setelah penelitian waktu menuju wisuda Agustus semakin sempit, kedua teman satu penelitian ku memutuskan untuk wisuda sesi setelahnya. Aku mulai galau, antara realistis ga bisa kejar agustus dan ambisius pengen wisuda agustus. Akhirnya aku berdoa dan aku memutuskan untuk tetap mengerjakan skripsiku semaksimal mungkin yang aku bisa (ga sampe begadang lebay juga alias sewajarnya saja). Aku tidak memaksakan harus wisuda agustus namun aku tidak berleha-leha dan tidak mengerjakan hasil penelitianku. Aku tetap berusaha yang terbaik yang aku bisa dan aku menyerahkan sisanya pada Tuhan. Singkat cerita aku menyelesaikan skripsiku akhir bulan Mei ke dosen pembimbing ku dan kalian tau keesokan harinya skripsiku di kembalikan dan ada tulisan di cover skripsiku ACC SEMINAR HASIL. Itu rasanya kayak mimpi dan bingung bisa langsung acc hanya dengan 1 kali konsul (only by His Grace). Aku langsung buru-buru konsul ke dosbing lainnya dan disetujui untuk langsung seminar hasil. Seminar hasilpun terlaksana, dan revisian aku banyaaaak haha maklum ya cuma sekali konsul. Sempat yakin bisa wisuda agustus namun setelah melihat revisian ini nyali itu mulai hilang haha. Tapi balik lagi ke depan laptop berjuang lagi, dalam pikiran ku "yaudah gpp wisuda kapan aja yang penting aku selesaikan apa yang bisa aku selesaikan sekarang". Revisi selesai ajuin lagi ke dosbing lalu revisi lagi, lagi, dan lagi, hahaha. Sampai akhirnya di ACC SIDANG di bulan JUNI pertengahan, padahal maksimal mendaftar wisuda awal JULI. Persiapan sidang lumayan lelah, tapi aku cuma meyakinkan diri pasti lulus kok sidang nya wkwk. Habis sidang revisi lagi aku cinta revisi, HAHA. Ga masalah yang penting aku sudah sidang !!!

Drama setelah sidang dimulai, sambil ngejar dosen buat revisi, terus harus rapikan semua format tulisan sesuai syarat bagian perpustakaan, belum lagi nyetak skripsi beratus-ratus halaman. AKU KURUS, HHAAHA. tapi masih hidup, Puji Tuhan. Drama berlanjut menunggu tanda tangan dekan, dosbing dan dosen penguji padahal hari itu sudah pembekalan wisuda, dan ada teman yang ikutan mematahkan semangat ga bakal terkejar wisuda agustus, padahalkan udah diujung. Akhirnya semua selesai, kumpulkan ke perpus, ikut pembekalan wisuda di ending doang. FIX WISUDA AGUSTUS ! Wisudawan pertama jalur reguler dari peminatan epidemiologi, bukan aku yang luar biasa tapi Tuhanku..

Nothing is impossible, "I Can Do All Things Through Christ Who Strengthens Me" (Philippians 4:13).

Setiap orang punya proses yang berbeda dalam menyelesaikan skripsi, bagiku skripsi adalah perjuangan melawan diri sendiri. Jika proses yang harus kau hadapi tidak mudah pasti karena kau mampu maka Tuhan izinkan. Oiya, kalo Tuhan izinkan kau menghadapinya maka Dia juga yang akan tanggung jawab untuk menolong mu. TRUST GOD IT WORKS.







This is My Skripsweet

GAMBARAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANIMAHASISWA LAKI-LAKI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITASDIPONEGORO  

to download click on the title

Comments

Popular Posts